Selasa, 11 Mei 2010

KOIN

Pernahkah kita sebagai guru sebal, marah tak terkendali kepada murid kita.
Ya mungkin karena sebagian dari kita kecewa karena apa yang kita harapkan dari murid kita tidak tercapai.
Hanya sebuah renungan buat kita..
Dulu tahun ke-3 atau ke-4, maaf agak lupa nih...
Seorang siswa menegurku dengan kasih, "Bu, murid itu seperti sebuah KOIN. Janganlah dinilai dari yang sekarang. Mungkin suatu saat dia akan berhasil" kalau saya tidak salah mengingat Munhamir namanya..
Terhenyak saya mendengarnya, namun aneh kata-katanya tidak membuatku marah.. mungkin karena aku tidak punya penyakit darah tinggi..he..
Tapi sebaliknya, kurenungkan itu dan berusaha menilai setiap siswa kita bukan dari kelemahannya saja namun juga dari kelebihan mereka yang belum teroptimalkan. Justru hal inilah yang menjadi tugas kita sesungguhnya.
Dan mari terus berharap setulus hati, bahwa suatu ketika kita akan bertemu mereka murid-murid tercinta kita dalam kondisi yang sama sekali berbeda..menjadi orang yang berhasil paling tidak buat masa depan mereka sendiri... "Mengubah kelemahan mereka menjadi keberhasilan mereka"

Seperti sebuah kutiapan :
"Garbage in - Garbage out.., Gold in - Gold out,....Garbage in - Gold out..."
Dan ketika kita memilih yang ke-3 , "Garbage in - Gold out" yang akan kita peroleh adalah kepuasan dan kebahagiaan yang tak dapat dinilai oleh apapun, namun harus kita ingat butuh perjuangan dan energi ekstra yang harus kita keluarkan... Bukankah demikian? Namun jangan lelah untuk memberikan yang terbaik !

Tidak ada komentar: