Sabtu, 22 Mei 2010

MERINDING

MERINDING



Rabu, 7 April 2010.. Aku berbicara kepada seorang saudara seimanku bahwa aku ingin observasi ke sebuah RUMAH PEMULIHAN ( HOUSE OF RESTORATION ).. entah ingin melihat sisi lain kehidupan di sana.. ada dorongan hati yang sangat kuat untuk mengunjungi tempat itu.. mungkin akan baik untuk pengembangan pembelajaran PAK. Aku hanya berdoa entah kapan.. Tuhan mengijinkan.

Kupulang ke rumah ORTU menjemput anak - anak ku yang kutitipkan di sana. Kemudian mama ku bilang "Dais, Kika besok latihan nari di RUMAH PEMULIHAN, besok kamu bisa ngantar ?"
Ya Tuhan,.... tidak salah dengarkah aku? yg kurasa hanya MERINDING, MERINDING dan MERINDING..
sedemikian cepat Tuhan menjawab Doaku dan meluluskan permintaanku. Padahal terkadang DIA hanya DIAM, membuatku LELAH dan LEMAS menanti bahkan Dia katakan TIDAK.

Kamis, 8 April 2010.. Aku OFF mengajar dan pergi mengantar Kika latihan menari dan tentu saja ke RUMAH PEMULIHAN.. Seneng bisa melihat anakku yang ceria menari bahkan termasuk murid kesayangan kak Ahmad sang Koreografer.. tapi deg degan juga sih.. sudah menapakkan kaki ini ke lantai RUMAH PEMULIHAN. ya Tuhan .. tolong saya untuk mengerti dan melangkah sesuai kehendakMU.

Selesai sudah latihannya... Semua murid TK dan pengantarnya pulang.

Dan kini saatnya.......... Ternyata butuh kekuatan hati untuk membulatkan tekad meneruskan langkah.
MERINDING... Tampak sepi... tapi disambut hangat oleh pengurusnya dan pemilik RUMAH PEMULIHAN dan PANTI ASUHAN.

Dengan antusias aku bertanya dan dengan tulus hati mereka menjelaskan. Kami berdiskusi juga. Satu hal yang belum kulakukan adalah berbicara pada para penghuninya.. Aku belum siap dan mungkin butuh extra..sebab mereka adalah orang yang terguncang jiwanya, sedang sakit dan butuh dipulihkan. Mereka adalah orang yang papa, yatim piatu, terbuang, terluka dalam luka batin yang dalam, depresi,korban kecelakaan yang menyebabkan otaknya rusak dan kehilangan sebagian memori dan emosi mereka, terjerumus dalam pergaulan yang salah dan terus terbelenggu di dalamnya.. sehingga menyebabkkan ketergantungan...

Proses pemulihan bagi mereka ada yang berlangsung dengan cepat tapi ada juga yang sangat lama.. hampir ada yang 6 tahun pada kondisi yang demikian.
Dengan berbagai macam latar belakang penyebab itu semua.
HOPELESS and HORRIBLE. Tapi ada Harapan Baru dan Mujizat bagi mereka yang ingin dipulihkan.

Walau aku MERINDING..
Aku mengamati, aku mendengarkan dan aku mengerti .. Aku tidak bisa berkata apapun.. ingin menangis. Mata ini sudah terasa panas. Berkaca-kaca dan hampir menitik dan kusadari suaraku sudah bergetar pada saat itu..

Namun yang ku coba mengerti :
1. Tuhan mengasihi mereka dengan menempatkan di sekeliling orang yang masih peduli akan kehidupan mereka dan membantu dalam proses pemulihan tersebut.
2. Jika masih ada kemauan dan harapan untuk sembuh pasti itu semua terjadi..Dipulihkan seperti keadaannya semula dan mengijinkan Tuhan melakukan PROSES. Mungkin Tuhan punya Rencana.
3. Mungkin juga kalau kita mau jujur ini adalah DAMPAK dari sebuah KETIDAKTAATAN manusia dalam memberi arti bagi kehidupannya.
4. Bagian dari MISTERI kehidupan atau sebuah KENYATAAN kehidupan di mana kadang-kadang Tuhan memang sulit dipahami..

Ku rasa cukup untuk hari ini.. ku pulang membawa sejuta rasa dan sebuah kenang-kenangan dari Bapak Pendeta yang mengelola RUMAH PEMULIHAN ini.. sebuah Buku berjudul "LUKA-LUKA BATIN" sambil berkata.. semoga bermanfaat juga dalam pelayanan.. Pintu rumah ini terbuka bagi ibu kalau mau datang lagi.. dan kupastikan aku akan datang lagi suatu saat kalau Tuhan mengijinkan.

ANEH.. akupun tidak tahu kekuatan apakah yang menggerakkan aku untuk melhat lebih dalam sisi kehidupan saudara kita ini namun aku bersyukur.. sangat bersyukur boleh mengalaminya.. Aku tidak ingin AMNESIA untuk sebuah pembelajaran yang teramat manis dari Tuhan dari awal DIA berbicara dalam hatiku dan menggerakkan ke tempat yang sama sekali aku tidak tahu sebelumnya..

Dan jikalau aku boleh berkata .....ternyata.....
PBPGINFWMY.... Please Be Patient God Is Not Finished With Me Yet...
Justru mungkin aku baru memulainya...

Kubagikan pengalaman ini kepada kita sekalian untuk kita bisa bersyukur dan menjadikan hidup kita lebih berarti.. karena
ketika kita merasa tidak berarti... ada orang lain yang lebih tidak merasakan apapun.. bahkan tidak mengenal jati dirinya sendiri.
Ketika kita merasa tidak beruntung... ada orang lain yang lebih tidak beruntung.
dan ketika kita merasa terluka.... ada orang lain yang mengalami luka-luka batin lebih dalam dari kita.

Seperti sebuah kutiapan... "Dengan menyembuhkan orang lain hal ajaib menakjubkan adalah Akupun sembuh"... Puji Tuhan..

Kamis, 8 April 2010.
by : DIAH ARUMSASI.. Let it be Our Inspiration.

Sebuah Kutipan dari DR.JAMES DOBSON ( Dalam bukunya Bertahanlah dalam IMAN meskipun............ DI KALA TUHAN SULIT DIPAHAMI)
Wacana Pemulihan Untuk HARAPAN yang SIRNA

Berharaplah agar pengalaman-pengalaman ANEH sering muncul di sepanjang perjalanan hidup anda.
Terimalah hal tersebut sebagai TEMAN dan KESEMPATAN untuk bertumbuh dalam IMAN.

( Dan KETEKUNAN menimbulkan TAHAN UJI dan TAHAN UJI menimbulkan PENGHARAPAN. ..ROMA 5:4 )


Dalam tawa mereka.. tersimpan duka..
Namun Tuhan mendengar Tangis mereka
Saat Impian Sirna.... DIA lah JALAN....

8 April 2010

Tidak ada komentar: